Kamis, 26 April 2012

Open Source (LINUX)

Sumber terbuka (Inggris: open source) adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).
Pola pengembangan ini mengambil model ala bazaar, sehingga pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
kemudian disini saya akan menjelaskan open source Linux sebelum saya menjelaskan lebih dalam tentang Linux terlebih dahulu saya akan menjelaskan sedikit tentang Linux. Linux adalah anggota dari keluarga sistem operasi yang UNIX-like seperti System V Release 4, 4.4BSD, Digital UNIX, AIX HP-UX, dan Solaris. Pada awalnya, Linux dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 sebagai sistem operasi untuk IBM compatible personal computer dengan basis Intel 80368 mikroprosesor. Kini, Linux juga tersedia untuk berbagai arsitektur lainnya seperti Alpha, SPARC, Motorola MC680x0, Power PC, dan IBM System/390. Salah satu kelebihan yang dimiliki Linux
adalah bahwa Linux bukan sistem operasi komersial. Source code-nya yang dikembangkan di bawah GNU public license terbuka untuk umum untuk dipelajari dan dikembangkan.
* Linux versus Kernel UNIX-like lainnya*
ada beberapa hal yang dimiliki Linux dibandingkan terhadap sistem UNIX-like lainnya :
• Linux kernel adalah monolitik, yaitu program besar dan kompleks yang dibangun atas komponen-komponen yang berbeda. Hampir semua sistem UNIX-like juga merupakan sistem monolitik.
• Linux mampu me-load dan unload modul (bagian dari kernel code) secara dinamis sebagaimana dalam kernel SVR4.2. Sistem UNIX-like lainnya dikompilasi dan di-link secara statis.
• Kernel threading. Kernel thread adalah execution context yang dapat dijadwalkan secara independen dan dapat diasosiasikan terhadap user program atau menjalankan beberapa fungsi kernel saja. Context switch antara kernel thread lebih murah biayanya daripada context switch antara proses biasa.
• Dukungan aplikasi multithread yaitu program yang terdiri dari beberapa execution flow independen yang berbagi application data structure. Sebuah multithread application dapat terdiri atas beberapa lightweight process (LWP)
yaitu proses yang berbagi alamat memori, page memori fisik, file yang terbuka, dan lain-lain. Varian UNIX komersil lain berdasar pada kernel thread, Linux menganggap lightweight thread sebagai execution context dasar dan
mengaturnya dengan system call clone().
• Linux adalah kernel nonpreemptive sehingga tidak dapat meninggalkan execution flow ketika sedang berada pada priviledge mode. Hanya Solaris 2.x dan Mach 3.0 yang mengadopsi kernel preemptive.
• Dukungan multiprosesor. Linux mempunyai dukungan untuk SMP (Symmetric Multiprocessing) yang berarti bahwa sistem tidak hanya dapat menggunakan beberapa prosesor tetapi juga tiap prosesor dapat digunakan untuk
menjalankan task manapun tanpa diskriminasi.
• Sistem file Linux tidak memiliki fitur yang sempurna. Namun demikian, porting sebuah sistem file lain ke Linux mudah untuk dilakukan dengan Virtual File System Technology.
• STREAMS. Linux tidak memiliki analog terhadap terhadap subsistem STREAMS I/O sebagaimana terdapat pada SVR4 walaupun sudah menjadi interface umum pada kernel UNIX untuk menulis device driver, terminal driver dan network protokol.
Sekarang ini operasi sistem linux mulai berkembang dengan pesat dan tidak mau kalah dengan operasi sistem yang lainnya seperti windows dan Mac OS dll. dengan adanya operasi sistem baru yang bermunculan Linux mempunyai cara untuk dapat bersaing dengan operasi sistem tersebut. contohnya salah satu linux yaitu  Ubuntu yang sangat gencar unutk  mensosioalisaikan operasi sistemnya, agar pengguna komputer di seluruh dunia bisa menggunakan OS ubuntu secara mudah. banyak orang berfikir bahwa menggunakan operasi sistem linux sangat sulit. Menurut saya sebaliknya linux itu mengasyikan dan tentunya ada banyak keuntungannya salahsatu yah. . . . operasi sistem linux belum bisa terkena virus yang bisa mengganggu kenyamanan anda menggunakan komputer. Lagi pula orang juga belum terbiasa dengan operasi sistem Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar